Friday, 28 October 2016

PERENCANAAN BISNIS DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN

PERENCANAAN BISNIS DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN


PERENCANAAN
Adalah suatu proses untuk pencapaian tujuan baik bisnis maupun manajemen secara kseluruhan.

TIGA ASPEK PERENCANAAN
  1. Penentuan yang ingin dicapai
  2. Memilih dan menentukan cara yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan atas dasar alternatif yang dipilih.
MANFAAT PERENCANAAN
  • Pelaksanaan kegiatan dapat diusahakan secara efektif dn efisien
  • Dapat melaksanakan koreksi atas penyimpangan yang timbul se awal mungkin
  • Dapat mengidentifikasi hambatan hambatan yang timbul dengan mengatasi hambatan dan ancaman
  • Dapat menghindari adanya kegiatan dan perubahan yang tidak terarah dan terkontrol.
FUNGSI FUNGSI PERENCNAAN
Merupakan proses pengambilan keputusan dengan hasil yang diinginkan menggunakan sumberdaya dan pembentukan suatu sistem yang memungkinkan pelaporan dan pengendalian hasil akhir dengan rencana yang dibuat.

EMPAT KRITERIA KAIDAH BISNIS YANG BAIK
  1. Sebagai fungsi alat pemasaran idea dan perencanaan
  2. Sebagai sebuah paket kesatuan yang membuat narasi/alur mengenai latar belakang tujuan wirausaha dan berbagai pernyataan financial yang dijelaskan secara rinci.
  3. Sebagai  media penjelasan bagi rencana bisnis
  4. Sebagai sebuah tujuan rencana bisnis yang menyajikan secara jelas apa yang diperoleh dengan melakukan wirausaha dan tahapan apa yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tersebut.
KUNCI PENTING DALAM PERENCANAAN BISNIS
  • ORANG
Harus memiliki motif energi yang tinggi dan memiliki skill yang relavan.
  • PELUANG 
Memuat keunggulan kompetitif yang dapat diertahankan 
  • KOMPETISI
Mengidentifikasikan kelemahan pesaing,respon kompetisi yang akan terjadi dan bagaimana menciptakan kolaburasi dengan kompetitor.
  • RESIKO
Yang telah dikenali dan mudah diatasi
  • SUMBERDAYA NON FINANCIAL
Net work  rekan kerja dan sebagainya.

PENGEMBANGAN PERENCANAAN PEMASARAN
  • Analisis lingkugan sangat diperlukan dalam membuat suatu bisnis dan pemasaran.
  • Sumber sumber informasi dalam melakukan analisis lingkungan 
antara lain:
  • TARGET PASAR
  • PESAING
  • PEMBELI INDIVIDU
  • PEMBELI ORGANISASI
  • LINGKUNGAN TEKHNOLOGI
  • LINGKUNGAN EKONOMI
  • LINGKUNGAN HUKUM
  • LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA
ANALISA PERILAKU DAN KARAKTERISTIK PELANGGAN
  • Apa yang mereka beli berkaitan dengan aspek nilai/volume harga frekuensi pembeli dan dimna membelinya.
  • Mengapa mereka membeli,adanya keunggulan produk,gaya hidup,kepribadian dan referensi.
SASARAN DAN TUJUAN PEMASARAN
Sasaran adalah apa yang hendak anda capai
Tujuan adalah sasaran anda dalam bentuk yang lebih detail yang merupakan langkah langkah aksi.

BERBAGAI STRATEGI PEMASARAN YANG DAPAT DITERAPKAN
  • Penetrasi pasar baru(yang pertama kemudian kedua dan selanjutnya)
  • Exspansi pangsa pasar terdiri dari diferensiasi produk
  • Konfrontasi langsung
  • Menarik produk

1 comment:

  1. Thanks kawan..ajak temennya buat ngunjungin web ini..hehe

    ReplyDelete

http://idsly.com/9YTOFhH