PROPOSAL BISNIS
Gentlemen’s love coffee
Disusun
oleh : KELOMPOK 4
(kelas A.1,manajemen smest 3)
Nama :
1.
AAN ANIROH (31214288)
2.
ADE NURSALIM(31214004)
3.
DEDI PURWANTO (31214176)
4.
DIO ASANDI GP(31214120)
5.
FADILA UTAMI PUTRI
(31214232)
6.
RETI YULIA WATI (31214371)
UNIVERSITAS SERANG RAYA (UNSERA)
TAHUN AKADEMIK
2015-2016
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkah dan
rahmat-Nya kami bisa menyusun proposal ini dengan sebaik-baiknya. Shalawat serta
salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Adapun
maksud dan tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas UAS
Perencanaan Bisnis yang di bimbing oleh Bapak Nafiudin selaku dosen mata kuliah
perencanaan bisnis.
Dalam
menyusun proposal ini kami tentu
menjumpai beberapa hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak
akhirnya kami dapat menyelesaikan
proposal ini dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu melalui kesempatan
ini kami sebagai penyusun mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada
berbagai pihak terkait yang telah membantu kami menyelesaikan proposal ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu kami sendiri sedangkan segala
sesuatu yang benar datangnya hanya dari Allah SWT, untuk itu kami mohon maaf
yang sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan proposal ini masih terdapat
berbagai kesalahan baik itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik
beserta saran yang membangun sangat kami harapkan guna untuk memperbaiki
kesalah-kesalahan pada tahap selanjutnya.
Semoga
proposal ini bermanfaat khususnya bagi kami sebagai penyusun umumnya untuk
semua pihak pembaca.
PENDAHULUAN
Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : Gentlemen’s love Coffee
Alamat perusahaan : Jalan Raya Serang, Cilegon
KM. 5 Taman Drangong Serang,banten
No telp : (0274) 412216
Nama
dan Alamat pemilik
Nama
pemilik : 1.ADE NURSALIM
: 2.DEDI PURWANTO
: 3.DIO
ASANDI G.P
: 4.AAN ANIROH
: 5.FADILA
UTAMI PUTRI
: 6.RETI
YULIAWATI
1.
LATAR
BELAKANG BISNIS
Kopi
adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan
menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komiditas di dunia yang dibudidayakan
lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu
Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).
Para
mahasiswa dan pekerja sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah,
dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, meeting, dan pihak-pihak lain yang
bersangkutan. Saat ini menikmati kopi tidak hanya merupakan sekedar kebutuhan
tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang banyak dijalani oleh para kaum
muda maupun kalangan eksekutif,oleh karena itu Kami membuka Gentlemen’s love Coffee diperuntukan bagi segala kalangan baik
mahasiswa maupun pekerja untuk
refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan
nuansa santai dengan di temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk
nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan
lain-lain.
Bisnis ini berdiri karena kegemaran kami kepada kopi
dan kepada buku yang kami anggap sebagai teman setia dalam situasi apapun.
Gentlemen’s love Coffee akan di dirikan di wilayah kampus kota serang banten
dengan konsep “nongkrong hemat
bermanfaat”. Dengan harga yang bersahabat Gentlemen’s love Coffee memberikan berbagai fasilitas khususnya buku
bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar membaca baik fiksi maupun
non-fiksi.
Kami memilih buku sebagai fasilitas utama dalam
bisnis ini karena mengingat minat baca para anak muda jaman sekarang ini
menurun, dan Kami berharap dengan adanya Gentlemen’s love coffee bisa
meningkatkan minat baca Mereka. Selain berbagai macam buku Kami juga memiliki
fasilitas tambahan seperti alat musik bagi pengunjung yang suka akan musik, dan
wifi bagi pengunjung yang hanya sekedar ingin nongkrong sambil browsing
berbagai hal dari tugas kuliah sampai hal yang paling tidak penting sekalipun.
Gentlemen’s love Coffee di dirikan untuk kaula muda yang gemar akan
berbagai macam kopi dari kopi original sampai vanila latte, dan bagi kaula
muda, para mahasiswa yang gemar akan membaca berbagai buku penegtahuan. Serta
pekerja yang membutuhkan tempat meeting dengan partner kerja, maka Gentlemen’s
love Coffee adalah solusi yang tepat untuk
bersantai, meeting, dan Gentlemen’s love Coffee merupakan tempat yang sangat
nyaman untuk belajar.
2.
VISI
DAN MISI PERUSAHAAN
VISI
Menjadi kedai kopi yang mampu berkompetisi dan
mempunyai daya saing yang tinggi.
MISI
Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan
konsumen
3.
TUJUAN
·
Proposal
ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah perencanaan bisnis
·
Inisiatif
wirausaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha
·
Memajukan
kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat
·
Menjadikan
mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha
·
Melatih
mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik
·
Menambah
pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
·
Dapat
membuka lapangan kerja baru.
4.
STRATEGI
PERUSAHAAN
Memberikan pelayanan dan fasilitas yang membuat
pengunjung merasa nyaman, dan menjadikan diferensiasi sebagai strategi utama
perusahaan.
5.
LOKASI
Jalan Raya Serang, Cilegon KM. 5 Taman Drangong
Serang,banten(KAMPUS UNSERA) dipilih sebagai lokasi perusahaan Kami karena
lokasi itu merupakan tempat yang stretegis dan berada di pusat Kota serang dan
menuju akses jalan kota cilegon sehingga akan mudah bagi Kami untuk menarik
para konsumen untuk singgah di kedai kopi Kami.
6.
BANGUNAN
Bangunan
/ tempat yang kami butuhkan untuk mendirikan bisnis ini adalah sekitar 500 m²,
dengan tempat makan in-door dan out-door, panggung musik, tempat buku,
parkiran, kamar mandi, mushola, dan dapur yang tergabung dalam satu gedung
berupa penggabungan 3 ruko.
7.
WAKTU
OPRASIONAL
Gentlemen’s
love Coffee dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB yang mana segala kalangan dapat
mengunjungi cafe kami saat waktu
senggang seperti break lunch, atau sepulang ngampus sambil mengerjakan tugas
dari dosen MK ataupun kampus.
8.
KEUNIKAN/KHAS
Kesan
yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan yaitu ”Service With Love”
sehingga pelanggan merasa nyaman ketika berada dalam pelayanan Kami, dan
membuat pelanggan selalu ingin kembali ke kedai kopi Kami karena pelayanan
berkualitas yang dapat memuaskan semua pelanggan.
9.
TARGET
PASAR
Target
pelanggan kedai kopi Kami adalah semua kalangan baik para Kaula Muda dan
Mahasiswa maupun pekerja, orang tua serta anak – anak khususnya bagi mahasiswa
dan pekerja karena pada masa-masa itu merupakan masa dengan tingkat kebutuhan
refreshing yang lebih tinggi di bandingkan dengan Orang Tua atau Anak-anak.
PROFIL PERUSAHAAN
PELUANG
USAHA
1.
Cafe
ini akan dibuka di lingkungan kampus.
2.
Belum
banyak kedai kopi yang dibuka ditempat perguruan tinggi.
3.
Mudah
dijangkau buat mahasiswa juga
4.
Memberikan
tempat untuk santai,nongkrong,bisa juga sambil mengerjakan tugas kuliah.
PERTUMBUHAN
1.
Kemungkinan
besar dari hasil survei yg kami lakukan dari kalangan mahasiswa,dosen dan karyawan
kampus yang berminat diperkirakan 50 % untuk tahun pertama dibukanya cafe kedai
kopi ini.
PESAING
PASAR
Warung
kecil di lingkungan kampus,dan
Kantin.
DESKRIPSI PRODUK
PRODUK
YANG DITAWARKAN :
1.
Original
coffee
2.
Capucino
coffee
3.
Coffe
love
4.
Beatifull
coffee
5.
Snack
bar.
6.
Mocacinno,
7.
Coffe Latte,
8.
Espresso,
9.
Teh
Tarik
KEUNGGULAN
PRODUK
1.
Konsumen
dapat melihat pembuatan dan penyajian kopi secaran langsung
2.
Tersedianya
delivery.
3.
Sajian
kopi yang di desain sedemikian rupa agar menarik perhatian customer
4.
bisa
menikmati sajian kopi ala warung jaman dulu.
5.
Mengedepankan
Produk yang berkualitas,rasa,kreativitas,inovasi baru..
PROMOSI DAN PEMASARAN
ANALYSIS
SWOT
STRENGHT(KEKUATAN)
1.
HARGA
TERJANGKAU
Merupakan
salah satu strategi perusahaan kami yaitu penjualan dengan harga yang
terjangkau, harga yang mampu diraih oleh semua kalangan. Jika biasanya anak
sekolah ataupun mahasiswa hanya mendapatkan uang saku yang terbatas dari orang
tua mereka, maka jika mereka ingin sekedar hang out maka cafe kami adalah
tempat yang tepat karenya menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga
yang murah, yang hanya berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.
2.
KUALITAS
PRODUK
Selain
harga yang terjangkau kami tentunya memberikan kualitas yang terjamin, sumber
bahan baku kami peroleh dari produsen kopi dan minuman-minuman yang sudah
terjamin baik kesehatan maupun kebersihan produk.
3.
TERSEDIA
BANYAK VARIAN MINUMAN DAN MAKANAN RINGAN.
Di
cafe coffee kami Anda akan mendapatkan
apa yang Anda inginkan, kami menyediakan berbagai macam kopi seperti Coppucino,
Mocacinno, Coffe Latte, Espresso, Teh Tarik,snack bar dan lain-lain.
4.
MEMILIKI
CIRI KHAS YG TIDAK DIMILIKI KEDAI KOPI LAIN
Berdasarkan
hasil survey yang telah kami lakukan, pada umumnya cafe di Kota Banten masih
menggunakan nuansa yang biasa di pakai oleh kebanyakan cafe lainnya di
Indonesia, lain halnya dengan Kedai Kopi yang Kami hadirkan dengan nuansa yang
lebih santai tapi mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dengan adanya fasilitas
peminjaman buku gratis yang bisa pelanggan baca ketika Mereka singgah di kedai
kopi Kami. Gentlemen’s love coffee kami
berbeda dengan kedai kopi lainnya, dimana kami menyatukan kesan nyaman
menikmati secangkir kopi dan pisang keju bisa sambil membaca majalah, komik, novel,
dan buku – buku umum lainnya. Hal tersebut tidak akan Anda jumpai di manapun
selain di Gentlemen’s love Coffee.
Jadi,
selain pelanggan bisa menikmati secangkir kopi, para pelanggan juga bisa
menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Seperti yang telah di jelaskan diatas,
selain Kami menyediakan fasilitas buku, Kami juga menyediakan fasilitas alat
musik dan Wifi sehingga membuat para pelanggan merasa nyaman berada di kedai
kopi Kami.
Jika
di lihat dari tempat kedai kopi ini di dirikan, di lokasi tersebut masih jarang
terdapat cafe yang secara khusus menyediakan kopi sebagai menu utama.
Kebanyakan cafe di daerah tersebut menyediakan makanan-makanan yang biasa di
jual berbagai banyak tempat. Jadi, menurut Kami persaingannya tidak terlalu
ketat, apalagi Kedai Kopi Kami memiliki sesuatu yang unik yang tidak dimiliki
oleh kedai-kedai lainnya.
5.
FASILITAS
Kenyamanan
akan diraih jika penyediaan fasilitasnya lengkap, maka hal itulah yang kami
prioritaskan. Di Gentlemen’s love Coffee kami Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda
dengan aman, seluruh took free Wifi, Musholla bagi umat muslim yang ingin menjalankan
ibadah sholat, kamar kecil berjumlah 2 buah, rak-rak buku sebagai penunjang fasilitas bagi Anda
yang ingin meluangkan waktu untuk membaca.
6.
TEMPAT
Kebersihan
adalah sebagian dari iman”. Begitulah motto kami dalam menjaga kebersihan
Gentlemen’s love Coffee kami, kami akan menjamin kebersihan disetiap lokasi,
servise kebersihan meja yang cepat sehingga tidak menggangu pelanggan yang
sedang menikmati kopi dan makanan mereka.
7.
PELAYANAN
Kepuasan
Anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi “Service with Love” maka
kami dalam hal meyediakan produk haruslah bersih, rapi, cepat dan tepat. Hal
ini kami jamin karena proses perekrutan karyawan sangatlah kami perhatikan.
8.
LOKASI
Kami telah memilih tempat usaha kami di lingkungan
skitar kampus unsera yang mana lokasi ini sangatlah strategis, mudah ditemukan,
merupakan rute transportasi umum, ramai drngan aktifitas mahasiswa.
WEAKNESS
(KELEMAHAN)
9.
KEBERADAAN
BAHAN BAKU
Banyak
kita temui bahan – bahan makanan yang tidak berkualitas bahkan membahayakan
kesehatan. Kami harus selalu menyeleksi apa yang akan kami gunakan untuk
kualitas produk kami, saat ini sangat sulit untuk memperoleh bahan baku yang
berkualitas dikarenakan orang – orang sekarang ini banyak yang lebih
mementingkan kepentingan sendiri dengan cara menipu orang lain untuk
mendapatkan keuntungan yang sebesar – besaranya.
10.
Modal
yang terbatas
11.
SDM
yang terbatas
12.
Pemasaran
(promosi) belum intensif.
13.
Alat
produksi pendukung terbatas.
OPORTUNITIES
(PELUANG)
1.
Terdapat
banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kopi
Tingginya
tingkat konsumsi berbagai jenis kopi pada saat ini mendorong kami untuk membuka
Coffee Shop yang mampu memberikan pelayanan yang bukan hanya layak namun yang
terbaik.
2.
Permintaan
pasar yang selalu meningkat
3.
Tren
kopi ala cafee mulai dikenal
4.
Kopi
memiliki khasiat kesehatan
5.
Dukungan
dari pemerintah
6.
Belum
banyak gerai-gerai coffee di Indonesia
7.
Perkembangan
tekhnologi informasi.
THREATS
(ANCAMAN)
Hambatan
yang dapat membuat cafe ini tidak berhasil seperti para pesaing. Dimana akan
ada banyak cafe yang akan didirikan dengan harga, menu makanan dan minuman yang
bersaing. Turunnya minat konsumen terhadap kedai kopi juga merupakan masalah
yang cukup serius, di zaman sekarang ini telah muncul berbagai macam inovasi
dalam bidang makanan dan minuman, diantaranya munculnya makanan dan minuman
cepat saji dan makanan dan minuman dalam kemasan yang enak dengan harga yang
terjangkau. Hal itu tentu saja dapat mengancam keberadaan kedai kopi seperti
milik kami ini. Dan masih banyak lagi
hambatan-hamabatan yang mungkin dapat menghambatan pertumbuhan dan keberhasilan
cafe.
Selain
faktor dari minuman itu sendiri, faktor cuaca dan musim juga menjadi problema
yang cukup sulit. Saat musim hujan, maka meminat kopi akan meningkat. Sedangkan
saat musim panas ataupun kemarau, tentunya jenis minuman kopi panas akan
menurun meskipun minuman kopi dan teh yang dingin tetap bertahan.
1.
Produk
kompetitor
2.
3.
Harga
bahan pokok yang naik atau tidak stabil bisa membinggungkan pembisnis untuk
menentukan harga.
4.
Munculnya
pesaing-pesaing baru yang ingin ikut bersaing
Berikut
adalah ancaman ancaman lainnya :
1.
Muncul
pruduk baru yang lebih unggul
2.
Kenaikan
harga bahan baku karena terbatas
3.
Adanya
kompetitor yang lebih di kenal masyarakat
CITRA
YANG INGIN DIDAPAT
Kualitas terbaik,meliputi:
1.
Kualitas
produk.
2.
Harga
terjangkau
3.
Kenyamanan
tempat
4.
Kepercayaan
masyarakat.
STRATEGI PEMASARAN
PRODUCT(produk)
Produk
kami unik,campuran kopi yang didesain sedemikian rupa sehingga mengeluarkan
cita rasa yang membuat peminumnya ingin mencoba lagi,the best ever,kami pun
menyediakan aneka makanan ringan sebagai menu pendamping yang rendah kalori.
PRICE(Harga)
Menu
variatif dengan cita rasa yang unik tapi dengan harga terjangkau,terutama untuk
mereka kawula muda (mahasiswa) yang merupakan target utama pasar kami,
Harga
yang disepakati RP.10.000-25.000
Harga
kompetisi RP.15.000-20.000
Harga
premium RP.25.000-50.000
PLACE(Tempat)
Lokasi
yang strategis,terletak di jl.serang cilegon tepatnya di kawasan kampus unsera.
dengan
jumlah mahasiswa yang terus meningkat setiap tahunnya membuat kemungkinan
peningkatan pelanggan kami dari tahun ke tahun.
Suasana
gentlemen’s love coffee yang didesain untuk menampilkan suasana santai tapi
modern,mencerminkan kehangatan dan keterbukaan.
PROMOTION (Promosi)
Media iklan yang dipilih :
1.
Direct
selling(mulut ke mulut)
Alasannya,karena bisnis ini baru berdiri hal ini
wajar karena gentlemen’s love coffee adalah perusahaan yang baru tumbuh.seiring
berjalannya waktu gentlemen’s love coffee akan mendapat pengakuan dari
masyarakat,dan akan melakukan promosi dengan media visual seperti,name
bord,x-banner dan spanduk.
2.
Membuat
pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan
menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
3.
Memasang
iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook atau twitter
yang banyak di ketahui oleh para Kaula muda
4.
Membuat
catalog yang berisikan tentang keadaan Gentlemen’s love Coffee dan berbagai
macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
PELAYANAN PELANGGAN
1.
Menyediakan
buku bacaan,dan bisa dipinjam untuk menemani konsumen menikmati kopi
2.
Hotspot
area
3.
Lokasi
cafe yang nyaman
4.
Layanan
konsumen yang prima
5.
delivery
6.
Full
music
PELAYANAN PELANGGAN PESAING
Untuk warung kopi dan kantin,
1.
belum
menyediakan tempat yang nyaman
2.
Belum
ada hotspot area
3.
Untuk
pesaing langsung,
4.
Mungkin
pelayanan pelanggannya lebih memuaskan dibanding dengan bisnis kami.
STUKTUR
ORGANISASI
GENERAL
MANAGER
|
OWNER
|
KASIR
|
SUPERVISOR
|
HRD
MANAGER
|
OPRASIONAL
MANAGER
|
BARISTA
|
DELIVERY
|
SECURITY
|
MARKETING
MANAGER
|
FINANCE
MANAGER
|
JOB
DESCRIFTION
OWNER
1.
Pemilik
bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan usaha,
2.
Menjamin
legalitas perusahaan secara hukum,
3.
Sebagai
pemegang kekuasaan tertinggi dan pemberi wewenang/kuasa untuk dijalankan oleh
masing2 manajer atau divisi,
4.
Bertanggung
jawab atas berdirinya usaha,
5.
Berhak
menyelenggarakan acara2,rapat,pertemuan dengan pihak2 yg ditunjuk.
GENERAL MANAGER
1.
Sebagai
perwakilan owner,
2.
Bertanggung
jawab atas jam oprasional caffe,
3.
Mengambil
keputusan di bawah owner,
4.
Menerima
laporan kinerja dari masing2 divisi,
5.
Monitoring
kinerja manager dan karyawan
HRD MANAGER
1.
Bertanggung
jawab atas semua SDM yg bekerja di cafe,
2.
Mengevaluasi
kinerja karyawan
3.
Pengadaan
4.
Pengembangan
5.
Konpensasi
OPRASIONAL MANAGER
1.
Bertanggung
jawab atas oprasional cafe
2.
Membuat
jadwal kerja karyawan
3.
Membuat
checklist bahan baku,purchasing,dll
4.
Menyiapkan
kas untuk oprasional,dan berkoordinasi dengan finance dan kasir.
5.
Mengontrol
fasilitas cafe
FINANCE MANAGER
1.
Bertanggung
jawab atas keuangan bisnis/usaha
2.
Mengatur
daftar kebutuhan cafe
3.
Pengeluaran
4.
pembiayaan
dan
5.
pemasukan.
6.
Merancang
anggaran untuk kebutuhan oprasional
7.
Dan
melaporkan kondisi keuangan kepada general manager dan owner.
MARKETING MANAGER
1.
Bertanggung
jawab atas promosi cafe
2.
Menentukan
dan mempertahankan target pasar
3.
Meningkatkan
penjualan dan omset
4.
Memperluas
jangkauan pasar
5.
Memperkuat
produk,fasilitas,program dan promosi.
SUPERVISOR
1.
Bertanggung
jawab atas oprasional cafe
2.
Membuat
jadwal kerja karyawan
3.
Membuat
checklist bahan baku,purchasing,dll
4.
Menyiapkan
kas untuk oprasional,dan berkoordinasi dengan finance dan kasir.
5.
Mengontrol
fasilitas cafe
KASIR
1.
Bertanggung
jawab penuh mengenai keuangan yg ia terima dari customer
2.
Menyiapkan
nota jumlah customer membeli
3.
Menghitung
jumlah orderan customer setiap harinya
BARISTA
1.
Membuat
menu yg di order oleh customer
2.
Menjaga
kebersihan area cafe
3.
Bertugas
mencatat order pesanan tamu
4.
Mengantarkan
order pesanan tamu
DELIVERY
1.
Mengantar
pesanan sampai tujuan pemesan
2.
Memperhatikan
kondisi pesanan
3.
Komuniaksi
yg baik
SECURITY
1.
Menjaga
keamanan lingkungan cafe
2.
Pengawasan
3.
Pelayanan
kepada customer yang membawa kendaraan
JOB SFECIFICATION
UNTUK JABATAN KEPEMIMPINAN
Keahlian khusus Teknis :
1.
komunikasi,
2.
marketing
Produk
3.
Pengetahuan
tentang produk luas dan
4.
Pengetahuan
pasar luas
5.
Kepemimpinan
Manajerial dan
6.
Msdm
Karakteristik :
1.
komunikatif,
2.
kreatif,
3.
berwawasan
luas dan
4.
bertanggung
jawab.
UNTUK JABATAN KARYAWAN
Keahlian khusus Teknis :
1.
Komunikasi
2.
bisa
bekerja individu maupun kelompok
3.
bisa
bekerja dalam tekanan dan mempunyai skill yg dibutuhkan.
Karakteristik :
1.
komunikatif,
2.
kreatif,
3.
berwawasan
luas,dan
4.
bertanggung
jawab
5.
Ramah
dan sopan..
KOPETENSI UTAMA DAN TANTANGAN
MASALAH YANG POTENSIAL
Masalah yang potensial yang bisa
terjadi di cafe ini, misalnya sebagai berikut :
1.
Adanya
komplen dari pengunjung / pelanggan.
2.
Adanya
pelayanan yang kurang baik.
3.
Adanya
karyawan yang datang telat / terlambat
4.
Lokasi
5.
(pemilihan)
SDM
6.
Mental
usaha yang kuat
7.
Pelayanan
terhadap konsumen.
8.
Menu
pada cafe.
RESIKO DAN HAMBATAN
Resiko yang dapat terjadi antara
lain :
1.
Banyaknya
pengeluaran untuk reparasi alat cafe dan jasa-jasa lainnya.
2.
Kerugian
yang mungkin terjadi
3.
Adanya
pengunjung / pelanggan yang kabur / tidak membayar.
4.
Mengeluarkan
modal yang banyak dalam pendirian cafe.
TINDAKAN ALTERNATIF
Adapun tindakan-tindakan yang dapat dilakukan agar
masalah-masalah, resiko dan hambatan tersebut dapat dicegah antara lain :
1.
Berusaha
menyajikan menu sesuai pesanan dengan rasa yang sesuai.
2.
Memberikan
sanksi bagi karyawan yang tidak sopan dan sering terlambat.
3.
Menggunakan
jasa reparasi yang murah atau mempekerjakan sendiri orang yang ahli dalam
bidang reparasi alat-alat elektronik atau alat cafe atau dapur.
4.
Mengurangi
pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu.
5.
Mencari
tenaga kerja yang muda dan bertanggungjawab.
6.
Memberikan sanksi bagi pelanggan yang tidak
dapat membayar pesanan.
INILAH
YANG AKAN KITA KATAKAN TERHADAP BISNIS KITA:
Spirit To Sustainable Growth Coffee
SLOGAN
UNTUK BISNIS KAMI:
Mau nongkrong hemat bermanfaat,ya di Gentlemen’s
love coffe aja.
LAPORAN KEUANGAN
Modal awal
Sewa tempat :
Rp. 7.000.000
Peralatan :
Rp. 6.500.000
Perlengkapan : Rp. 9.000.000
Jumlah :
Rp .22.500.000
Pengeluaran per bulan
Biaya promosi /iklan Rp. 200.000
Kopi dan penunjangnya Rp. 5.000.000
Baiaya listrik,TLP dan administrasi umum Rp.
800.000
Gaji general manager Rp.3.800.000
Gaji para manager, 4 orang Rp.
3.400.000=13.600.000
Gaji karyawan barista 2 orang Rp. 1.800.000 = 3.600.000
Gaji karyawan kasir,security,delivery Rp. 1.800.000=5.400.000
Total Rp.32.400.000
Target penjualan
Max
Pemasukan per hari:
Rp
15.000 /cangkir kopi x 100 cup =Rp.1.500.000
laba
max per hari :
Rp.1.500.000
x 30 hari
=Rp.45.000.000
Laba bersih max / bulan
= Pemasukan –
pengeluaran
=
Rp 45.000.000 – Rp32.400.000
=
Rp 12.600.000
Penjualan rata rata perhari
:
85 cup x 15.000/cangkir = RP.1.275.000
Laba
rata rata per hari
Rp.1.275.000
x 30 hari
=
Rp.38.250.000
Laba bersih rata rata/bulan
Pemasukan-pengeluaran
Rp.38.250.000
– 32.400.000
=
Rp.5.850.000
Penjualan min per hari
75
cup x Rp.15.000/cangkir = Rp.1.125.000
Laba
min per hari
Rp.1.125.000
x 30 hari
=Rp.33.750.000
Laba bersih min/bulan
Pemasukan-
pengeluaran
Rp.33.750.000-
Rp.32.400.000
=Rp.1.350.000
PAYBACK
PERIOD(KEMBALI MODAL)
LABA
MINIMUM :
LABA
BERSIH DIBAGI MODAL AWAL
1.350.000 : 22.500.000=0.06 x 30 hari =1,8 = 24 JADI
BUAT KEMBALI MODALNYA 1 BULAN 24 HARI UNTUK YANG LABA BERSIH PALING MINIMUM
UNTUK YANG MAXSIMUM DAN RATA RATA TIDAK DIHITUNG
KARENA KITA MENGGUNAKAN CONTOH YANG PALING MINIMUM SAJA SUDAH KELIATAN KEMBALI
MODALNYA BERAPA BULAN DAN BERAPA LAMA..
METODE PEMILIHAN LOKASI CAFFEE
METODE
DELFI/BEBAN SKOR
FAKTOR2
YG DINILAI
|
BOBOT
FAKTOR
|
LOKASI
POTENSIAL
|
BOBOT
SKOR
|
||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
||
BIAYA
SEWA
|
30
|
1
|
3
|
4
|
30
|
90
|
120
|
KETENARAN
|
40
|
3
|
3
|
1
|
120
|
120
|
40
|
KEMUDAHAN
DIJANGKAU
|
20
|
2
|
3
|
3
|
40
|
60
|
60
|
MUDAH DICAPAI
MAHASISWA
|
10
|
4
|
3
|
2
|
40
|
10
|
20
|
JUMLAH
SKOR
|
230
|
280
|
240
|
KET,SKOR
: 1=jelek 2=sedang 3=baik 4=sangat baik
KET,KOTA: A: kota pandeglang B: kota serang C:
kota cilegon
Disini
dipilih kota B karena kota ini dekat dengan bahan baku,
Dekat
dengan pasar yang menyediakan peralatan dll,
Konsumen
juga lebih bayak dan para kaula muda dikota ini lebih banyak menyukai kopi.
PENUTUP
KESIMPULAN
Berwirausaha
merupakan kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah
usaha.
Peluang
kita dalam berusaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita memiliki sifat
percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan,jujur dan tekun,dan selalu
berusaha untuk berprestasi, dan unggul dalam produknya.
PENUTUP
Demikian
proposal ini saya buat dan disusun dengan lengkap dengan harapan permohonan
untuk mendirikan perusahaan yang saya dirikan dapat disetujui
sepenuhnya.Pembuatan isi proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan
ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia usaha.
Dari
pendirian usaha ini,saya menyimpulkan yang
meliputi berdirinya perusahaan
ini karena kebutuhan dari masyarakat dan
permintaan pasar yang sangat mendukung dalam perkembangan dan kemajuan usaha
ini.Selain itu saya mendirikan perusahaan ( di bidang minuman kopi ) ini juga
memiliki tujuan untuk membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran di
era krisis global seperti sekarang ini.
Saya
menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa.Dalam
pengajuan pembuatan proposal ini tentunya masih terdapat banyak
kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun
guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir
dari penulisan proposal ini saya ucapkan terima kasih khusunya kepada semua
pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal dan
pendirian perusahaan “( di bidang minuman kopi )”.Dan terima kasih juga atas
persetujuanya proposal ini,serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang
saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala seperti
harapan saya.
SARAN
Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar,maka saya mempunyai beberapa
saran,antara lain:
1.
Percaya
dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan
2.
Lancar
Berkomunikasi dengan baik
3.
Mempunyai
etos cara jerja yang tinggi
4.
Bersedia
menerima kritik dan saran dari orang lain
5.
Pantang
menyerah
6.
Mampu
menghasilkan sebuah produk yang berkualitas
7.
Mengutamakan
kepuasan pelanggan
8.
Disiplin
dan bertanggung jawab
JANGAN LUPA TONTON JUGA CONTOH PEMBUATAN MINUMAN BANANA COFFEE,MUNGKIN MEMBANTU KALIAN DALAM PENENTUAN USAHA/BISNIS SILAHKAN KLIK TEKS WARNA BIRU > BANANA COFFEE
JANGAN LUPA TONTON JUGA CONTOH PEMBUATAN MINUMAN BANANA COFFEE,MUNGKIN MEMBANTU KALIAN DALAM PENENTUAN USAHA/BISNIS SILAHKAN KLIK TEKS WARNA BIRU > BANANA COFFEE
It 's just an advice. Description not descriftion :)
ReplyDeletehalo mbak @CorneliaRosari dan mas @adenursalim95..
ReplyDeleteTerima kasih banyak y untuk "advice"-nya...
Saya lagi memulai bisnis kopi sejak februari lalu tapi belum punya tempat/warung/kedai bahkan modal gede, hehehe... jadi sementara masih sekedar ikut event2 kopi di Surabaya-Malang..