PENGERTIAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)
Supply chain adalah sebuah sistem yang melibatkan proses produksi,pengiriman,penyimpanan,distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut.
Supply chain management(SCM) adalah kegiatan yang melibatkan koordinasi pengolahan bahan baku/material,informasi bisnis dan arus keuangan dalam hubungan bisnis antar organisasi atau perusahaan yang berpartisipasi.
TUJUAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Tujuan supply chain management adalah untuk memastikan sebuah produk berada pada tempat dan waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen tanpa menciptakan stok yang berlebihan atau kekurangan.
Sebuah oprasi yang efisen dari supply chain tergantung lengkap dan akuratnya aliran data yang berhubungan dengan produk yang diminta dari retailer kepada buyer,sistem transportasi dan kembali ke manufaktur.
FUNGSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT(SCM)
SCM secara fisik mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya ke pemakai akhir.A SCM sebagai mediasi pasar,yakni memastikan bahwa apa yang disuplai oleh rantai supply mencerminkan aspirasi pelanggan atau pemakai akhir tersebut.
TUJUH PRINSIP DALAM SCM
- Segmentasi pelanggan berdasarkan kebutuhannya
- Sesuaikan jaringan logistik untuk melayani kebutuhan pelanggan yang berbeda.
- Dengarkan signal pasar
- Deferensiasi produk pada titik yang lebih dekat dengan konsumen
- Kelola sumber sumber supplai secara strategis
- Kembangkan strategi tekhnologi untuk keseluruhan rantai supply chain
- Adopsi pengukuran kinerja untuk sebuah supply chain secara keseluruhan.
Secara umum penerapan konsep SCM dalam perusahaan akan memberikan manfaat yaitu:
- Kepuasan pelanggan,artinya konsumen atau pengguna produk merupakan target utama dari aktivitas proses produksi setiap produk yang dihasilkan perusahaan.
- Meningkatkan pendapatan,artinya semakin banyak konsumen yang setian dan menjadi mitra perusahaan itu berarti akan turut meningkatkan pendapatan perusahaan,sehingga produk yang dihasilkan perusahaan tidak akan terbuang percuma,karena diminati konsumen.
- Menurunnya biaya,artinya pengintegrasian aliran produk dari perusahaan ke konsumen akhir itu berati pula mengurangi biaya biaya pada jalur distribusi.
- Pemanfaatan aseet semakin tinggi,artinya aset terutama faktor manusia akan semakin terlatih dan terampil baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan.
- Peningkatan laba,artinya dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen yang setia dan menjadi pengguna produk,pada gilirannya akan meningkatkan laba perusahaan.
- Perusahaan semakin besar,artinya perusahaan yang mendapat keuntungan dari segi proses distribusi produknya lambat laun akan menjadi besar,dan tumbuh lebih kuat.
- SCM secara fisik dpat mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya kepada konsumen akhir.
- SCM berfungsi sebagai mediasi pasar,artinya memastkan apa yang dipasok oleh rantai suppli mencerminkan aspirasi pelanggan atau konsumen akhir tersebut.
Sebagai suatu konsep yang melibatkan banyak pihak sebagai mata rantai,SCM menuntut beberapa persyaratan yang tidak hanya terkait dengan material,tetapi juga informasi.
Syarat utama dari penerapan SCM tentunya dukungan manajemen. manajmen semua level dari strategis sampai oprasional harus memberikan dukungan mulai dari proses perencanaan,pegorganisasian,koordinasi,,pelaksanaan,sampai pengendalian.
Selain dukungan dari manajemen,syarat lain yang merupakan syarat yang melibatkan faktor eksternal yaitu pemasok dan distributor.
KOMPONEN DASAR SCM
- Planning atau perencanaan
- Sourching atau sumber barang
- Manufacturing
- Pengiriman
- Pengembalian
ARA CAKUPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Area cakupan dasar pada SCM diantaranya adalah sebagai berikut ;
Fasilitas
Adalah suatu tempat untuk menyimpan barang yang dirakit atau dibuat,fasilitas terbagi menjadi dua,yaitu produksi (production site) dan tempat penyimpanan (storage site).
lokasi ,kapasitas,serta fleksibilitas sangat berpengaruh pada kekuatan dari supply chain.
jika kapasitas besar dan lokasi sangat strategis maka SCM akan berjalan baik dan berhasil.
Inventory
Adalah semua bahan baku dan barang jadi,inventory juga sangat berpengaruh pada supply chain.
Transportasi
Adalah perpindahan barang dri fasilitas satu ke fasilitas lainnya,transportasi dapat berupa kombinasi rute dan model yang masing masing memiliki karakter yang berbeda.
Informasi
Adalah berisi data analisa atau riset mengenai ketiga hal di atas ditambah dengan pelanggan,informasi juga penting dan mempengaruhi area dari supply chain yang lainnya.
KESIMPULAN
Sebagai kesimpulan keseluruhan sasaran dari supply chain adalah untuk meyakinkan produk yang tepat berada pada tempat dan waktu yang tepat,semua itu dikenal sebagai 3 P, dari supply chain,sbb:
- Product/produk
- Price/harga
- Place/tempat.
No comments:
Post a Comment