Monday, 31 October 2016

Pengertian Supply Chain Management..


PENGERTIAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)




Supply chain adalah sebuah sistem yang melibatkan proses produksi,pengiriman,penyimpanan,distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut.

Supply chain management(SCM) adalah kegiatan yang melibatkan koordinasi pengolahan bahan baku/material,informasi bisnis dan arus keuangan dalam hubungan bisnis antar organisasi atau perusahaan yang berpartisipasi.

TUJUAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Tujuan supply chain management adalah untuk memastikan sebuah produk berada pada tempat dan waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen tanpa menciptakan stok yang berlebihan atau kekurangan.
Sebuah oprasi yang efisen dari supply chain tergantung lengkap dan akuratnya aliran data yang berhubungan dengan produk yang diminta dari retailer kepada buyer,sistem transportasi dan kembali ke manufaktur.

FUNGSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT(SCM)

SCM secara fisik mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya ke pemakai akhir.A SCM sebagai mediasi pasar,yakni memastikan bahwa apa yang disuplai oleh rantai supply mencerminkan aspirasi pelanggan atau pemakai akhir tersebut.

TUJUH PRINSIP DALAM SCM

  1. Segmentasi pelanggan berdasarkan kebutuhannya
  2. Sesuaikan jaringan logistik untuk melayani kebutuhan pelanggan yang berbeda.
  3. Dengarkan signal pasar
  4. Deferensiasi produk pada titik yang lebih dekat dengan konsumen
  5. Kelola sumber sumber supplai secara strategis
  6. Kembangkan strategi tekhnologi untuk keseluruhan rantai supply chain
  7. Adopsi pengukuran kinerja untuk sebuah supply chain secara keseluruhan.
MANFAAT SUPPLY CHAIN MANAGEMENT(SCM)
Secara umum penerapan konsep SCM dalam perusahaan akan memberikan manfaat yaitu:
  • Kepuasan pelanggan,artinya konsumen atau pengguna produk merupakan target utama dari aktivitas proses produksi setiap produk yang dihasilkan perusahaan.
  • Meningkatkan pendapatan,artinya semakin banyak konsumen yang setian dan menjadi mitra perusahaan itu berarti akan turut meningkatkan pendapatan perusahaan,sehingga produk yang dihasilkan perusahaan tidak akan terbuang percuma,karena diminati konsumen.
  • Menurunnya biaya,artinya pengintegrasian aliran produk dari perusahaan ke konsumen akhir itu berati pula mengurangi biaya biaya pada jalur distribusi.
  • Pemanfaatan aseet semakin tinggi,artinya aset terutama faktor manusia akan semakin terlatih dan terampil baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan.
  • Peningkatan laba,artinya dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen yang setia dan menjadi pengguna produk,pada gilirannya akan meningkatkan laba perusahaan.
  • Perusahaan semakin besar,artinya perusahaan yang mendapat keuntungan dari segi proses distribusi produknya lambat laun akan menjadi besar,dan tumbuh lebih kuat.
Keenam manfaat diatas merupakan manfaat secara tidak langsung,secara umum manfaat langsung dari penerapan scm adalah sebagai berikut:
  • SCM secara fisik dpat mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya kepada konsumen akhir.
  • SCM berfungsi sebagai mediasi pasar,artinya memastkan apa yang dipasok oleh rantai suppli mencerminkan aspirasi pelanggan atau konsumen  akhir tersebut.
PERSYARTAN PENERAPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Sebagai suatu konsep yang melibatkan banyak pihak sebagai mata rantai,SCM menuntut beberapa persyaratan yang tidak hanya terkait dengan material,tetapi juga informasi.
Syarat utama dari penerapan SCM tentunya dukungan manajemen. manajmen semua level dari strategis sampai oprasional harus memberikan dukungan mulai dari proses perencanaan,pegorganisasian,koordinasi,,pelaksanaan,sampai pengendalian.
Selain dukungan dari manajemen,syarat lain yang merupakan syarat yang melibatkan faktor eksternal  yaitu pemasok dan distributor.

KOMPONEN DASAR SCM
  • Planning atau perencanaan
Adalah pengembangan sebuah strategi untuk mengatur seluruh sumerdaya alam yang dibutuhkan untuk memuaskan kebutuhan customer akan produc dan service.
  • Sourching atau sumber barang
Adalah  proses memilih supplier yang akan mengirim barang dan jasa yang dibutuhkan untuk menciptakan produk atau service kita.
  • Manufacturing
Adalah termasuk didalam jadwal yang mungkin untuk kegiatan produksi,test produk,pengemasan dn persiapan untuk pengiriman.
  • Pengiriman
Adalah kadang bisa disebut dengan istilah logistik,dan ini adalah sebuah proses bisnis yang melibatkan pergerakan fisik dari barang yang berada dijalur supply chain.
  • Pengembalian
Adalah merupakan sebuah bagian utuh dari beberapa supply chain,pengembalian membutuhkan sebuah jaringan kerja untuk penerimaan barang dari customer untuk barang berlebih atau cacat dan memberi dukungan kepada customer yang mempunyai masalah dengan pengiriman produk pengganti.

ARA CAKUPAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Area cakupan dasar pada SCM diantaranya adalah sebagai berikut ;
Fasilitas
Adalah suatu tempat untuk menyimpan barang yang dirakit atau dibuat,fasilitas terbagi menjadi dua,yaitu produksi (production site) dan tempat penyimpanan (storage site).
lokasi ,kapasitas,serta fleksibilitas sangat berpengaruh pada kekuatan dari supply chain.
jika kapasitas besar dan lokasi sangat strategis maka SCM akan berjalan baik dan berhasil.
Inventory
Adalah semua bahan baku dan barang jadi,inventory juga sangat berpengaruh pada supply chain.
Transportasi
Adalah perpindahan barang dri fasilitas satu ke fasilitas lainnya,transportasi dapat berupa kombinasi rute dan model yang masing masing memiliki karakter yang berbeda.
Informasi
Adalah berisi data analisa atau riset mengenai ketiga hal di atas ditambah dengan pelanggan,informasi juga penting dan mempengaruhi area dari supply chain yang lainnya.



KESIMPULAN
Sebagai kesimpulan keseluruhan sasaran dari supply chain adalah untuk meyakinkan produk yang tepat berada pada tempat dan waktu yang tepat,semua itu dikenal sebagai 3 P, dari supply chain,sbb:
  • Product/produk
  • Price/harga
  • Place/tempat.








No comments:

Post a Comment

http://idsly.com/9YTOFhH