Saluran distribusi menurut philip kotler adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak dan kepemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak kepemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen.
Definisi dan makna dari pemasaran global
Pemasaran global adalah pemasaran yang bersekala seluas dunia atau bisa disebut juga kelas dunia, yang mana peluang usaha terbuka luas bagi para pelaku bisnis.
Disini juga terdapat fungsi dari saluran distribusi dan tahap tahap memasuki pasar global, penjelasannya adalah sebagai berikut:
Fungsi saluran distribusi
Saluran distribusi memiliki sembilan fungsi, diantaranya ialah sebagai berikut:
1. Informasi
Ketika kita berbicara informasi berarti kita berbicara tentang apa yang terjadi dalam kehidupan dalam lingkup saluran distribusi sebuah perusahaan, Informasi diartikan sebagai pengumpulan dan penyebaran informasi riset pemasaran.
2. Promosi
Artinya ketika perusahaan mengeluarkan produk,maka produk tersebut bagaimana agar dapat dikenali oleh konsumen sebagai acuan dari promosi yaitu pengembangan dan penyebaran komunikasi mengenai penawaran yang dirancang guna menarik keputusan pembelian pelanggan.
3. Negosiasi
Artinya usaha untuk mencapai tujuan akhir mengenai harga dan syarat lain, sehingga transfer kepemilikan dapat dilakukan.
4. Pembiayaan
Apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata dari pembiayaan ketika kita berada dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produk, tentu kalian berfikir tentang perolehan dan alokasi dana yang dibutuhkan untuk membiayai persediaan pada tingkat saluran pemasaran yang berbeda.
5. Pemesanan
Adalah komunikasi terbaik di antara anggota saluran pemasaran dengan produsen, mengenai minat konsumen untuk membeli.
6. Pengambilan resiko
Perhitungan resiko yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran pemasaran tersebut.
7. Pemilikan fisik
Artinya keseimbangan penyimpangan dan pergerakan produk fisik dari bahan mentah menjadi bahan jadi yang terjadi dari produsen hingga konsumen atau pengguna akhir.
8. Pembayaran
Apa sih yang ada di benak kita semua ketika dengar istilah tentang pembayaran, Pembayaran disini diartikan sebagai pembeli membayar tagihan kepada penjual melalui mekanisme yang telah disepakati.
9. Hak milik
Artinya trsansfer kepemilikan dari satu organisasi atau orang keorganisasi lain atau juga orang lain.
Tahap tahap memasuki pasar global
1. Tahap domestik (lokal)
2. Tahap internasional
3. Tahap multi nasional,
Tahap muti nasional ini perusahaan mulai berinvestasi dan memproduksi barangnya diluar negeri dengan penerapan strategi yang berbeda terhadap negara satu dengan negara yang lainnya.
4. Tahap global
Pada tahap ini perusahaan mulai melakukan strategi pemasaran global dengan memfokuskan pada pasar global dan memproduksi dengan sumber daya dari dalam.
5. Tahap trans nasional
Pada tahap ini perusahaan mulai mendominasi pasar dan industri diseluruh penjuru dunia dengan memadukan biaya global, dengan tujuan untuk mencari keuntungan.
Hambatan hambatan memasuki pasar global
- Batasan perdagangan dan tarif bea masuk
- Perbedaan bahasa dan sosial budaya
- Hambatan operasional
- Hambatan politik, hukum dan undang undang
Strategi memasuki pasar global
- Ekspor
- Pemberian lisensi (kepercayaan)
- Aliansi strategis
- Akuisisi (pembelian perusahaan oleh satu perusahaan)
- Anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya.
Ketika sebuah perusahaan ingin memasuki pasar global maka hendaknya mempelajari cara di atas agar perusahaan mampu bersing di dunia global dan mengembangkan perusahaannya di kanca internasional.
No comments:
Post a Comment