Perilaku Konsumen
Pengertian
Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah
tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.
Sedangkan Perilaku Pembelian Konsumen adalah
Perilaku pembelian Konsumen akhir ( individu dan rumah tangga ) yang membeli
barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.
Model Perilaku Konsumen
Pemasar ingin memahami bagaimana rangsangan
itu diubah menjadi tanggapan dalam kotak hitam konsumen yang terdiri dari 2
bagian :
1. Karakteristik pembeli mempengaruhi
bagaimana dia mempersepsikan dan bereaksi terhadap rangsangan.
2. Proses pengambilan keputusan pembelian itu
sendiri mempengaruhi perilaku pembeli.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku
Konsumen
Faktor-faktor Budaya
Budaya : Serangkaian nilai, persepsi, keinginan, dan perilaku dasar yang
dipelajari oleh anggota masyarakat dari keluarga dan instansi penting lain.
Sub-budaya : kelompok orang yang memiliki sistem nilai yang sama
berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang serupa.
Kelas Sosial : Pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan
relatif teratur dimana anggota memiliki nilai, minat dan perilaku yang serupa.
Faktor-faktor Sosial.
Kelompok : Dua atau lebih sekelompok orang yang berinteraksi untuk memenuhi
tujuan individu atau tujuan bersama.
b.
Keluarga.
Peran dan Status. ( Peran terdiri dari sejumlah aktivitas yang
diharapkan untuk dilakukan menurut orang-orang di sekitarnya, Tiap peran
membawa status yang mengambarkan penghargaan umum terhadap peran tersebut oleh
masyarakat.
Faktor-faktor Pribadi
Umur
dan Tata Siklus Hidup,
Pekerjaan.
Situasi Ekonomi.
Gaya
Hidup : Pola hidup seseorang yang tergambarkan pada aktivitas, interest, dan
opinion ( AIO ) orang tersebut.
Kepribadian dan Konsep Diri. ( Kepribadian, sikologis yang membedakan
seseorang yang menghasilkan tanggapan secara konsisten dan terus-menerus
terhadap lingkungan. Konsep Diri, adalah kepemilikan seseorang dapat menyumbang
dan mencerminkan ke identitas diri mereka ).
Faktor-faktor Psikologis
Motivasi, kebutuhan yang mendorong seseorang secara kuat mencari
kepuasan atas kebutuhan tersebut.
Persepsi, Proses menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan informasi
guna membentuk gambaran yang berarti tentang dunia.
Pembelajaran, perubahan perilaku seseorang karena pengalaman.
Keyakinan dan Sikap, ( keyakinan = pemikiran deskriptif yang
dipertahankan seseorang mengenai sesuatu. Sikap merupakan evaluasi, perasaan
dan kecenderungan yang konsisten atas suka atau tidak seseorang terhadap suatu
obyek atau ide ).
Tipe Perilaku Pembelian Konsumen
a. Perilaku Pembelian Kompleks
Perilaku pembelian konsumen dalam situasi yang
bercirikan adanya keterlibatan konsumen yang sangat tinggi dalam membeli dan
adanya persepsi yang signifikan mengenai perbedaan diantara merek.
b. Perilaku Pembelian Pengurangan Disonansi.
Perilaku pembelian dalam situasi dimana
pembeli mempunyai keterlibatan yang tinggi tetapi melihat hanya sedikit
perbedaan antar merek.
c. Perilaku Pembelian Kebiasaan
Suatu situasi dimana konsumen mempunyai
keterlibatan rendah dan perbedaan yang tidak jauh antar merek.
d. Perilaku Pembelian Pencarian Variasi.
Perilaku pembelian konsumen dalam situasi
dimana konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi
mempersepsikan adanya perbedaan merek yang signifikan.
Proses Pengambilan Keputusan
Pengenalan Kebutuhan, Tahap dimana konsumen mengenali permasalahan atau
kebutuhan.
Pencarian Informasi, tahap dimana konsumen tergerak untuk mencari
informasi tambahan, konsumen mungkin sekedar meningkatkan perhatian atau
mungkin pula mencari informasi secara aktif.
Pengevaluasi Alternatif, tahap dimana konsumen mengunakan informasi
untuk mengevaluasi berbagai merek alternatif di dalam serangkaian pilihan.
Keputusan Pembelian, tahap dimana konsumen secara actual melakukan
pembelian produk.
Perilaku Setelah Pembelian, tahap dinama konsumen melakukan tindakan
lebih lanjut setelah pembelian berdasarkan pada keputusan atau ketidakpuasan
mereka.
Proses Keputusan Pembelian Produk Baru
Produk Baru : Barang, Jasa atau Ide yang
dianggap oleh sebagian calon konsumen sebagai hal yang baru.
Proses Adopsi : Proses mental yang dijalani
oleh individu melewati dari pertama mempelajari inovasi tertentu hingga ke
adaopsi akhir.
Tahap-tahap Proses Adopsi
Kesadaran, konsumen tahu akan produk baru tetapi kekurangan informasi
tentangnya.
Ketertarikan, konsumen mencari informasi tentang produk baru tersebut.
Pengevaluasian, konsumen mempertimbang kan apakah mencoba produk baru
adalah masuk akal.
Percobaan, konsumen mencoba produk dalam skala yang kecil untuk
meningkakan perkiraan besarnya nilai produk tersebut.
Pengadopsian, konsumen menentukan apakah akan menjadi pemakai tetap atau
tidak dari produk baru tersebut.
Pengaruh Karakteristik Produk terhadap Tingkat
Pengadopsian.
Keunggulan relatif : Tingkat yang menunjukan
keunggulan inovasi terhadap produk yang telah ada.
Kompatibilitas : Tingkat kesesuaian inovasi
dengan nilai dan pengalaman calon konsumen.
Kompleksitas : Tingkat kesulitan inovasi untuk
dimengerti atau digunakan.
Divisibilitas : Tingkat inovasi dapat dicoba
sedikit demi sedikit.
Komunikabilitas : Tingkat kemampuan hasil
penggunaan inovasi dapat diobservasi
atau dijelaskan kepada orang lain.
No comments:
Post a Comment