BAB 1
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Di abad
ke 20 ini persaingan pasar semakin ketat, para produsen harus pintar menaksir
kebutuhan konsumen untuk mendapatkan profit sebesar-besarnya diantara pesaing
yang sangat kompetitif di pasar Indonesia. Segmentasi pasar sangat penting
didalam membangun sebuah usaha atau bisnis dibidang pemasaran. Segmentasi pasar
bisa diartikan sebagai strategi perusahaan memasarkan produk dengan membuat
beberapa produk sesuai kebutuhan konsumen. Definisi global dari segmentasi itu
sendiri adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai
proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk,
menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
- RUMUSAN MASALAH
- Apa itu segmentasi pasar secara spesifik ?
- Mengapa produsen membuat segmentasi pasar ?
- Apa manfaat dan tujuan dari segmentasi pasar untuk perusahaan ?
- Kriteria konsumen dalam pasar dan kaitannya dengan segmentasi
- Studi kasus
- TUJUAN
- Menyalurkan uang dan usaha ke pasar potensial yang paling menguntungkan
- Merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar
- Menentukan cara-cara promosi yang paling tepat bagi perusahaan
- Memilih media advertensi yang lebih baik dan menemukan bagaimana mengalokasikan secara baik.
- Mengatur waktu yang sebaik-baiknya dalam promosi
- Para penjual atau perusahaan akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menempatkan (mengarahkan) serta membandingkan kesempatan-kesempatan atau harapan-harapan dalam pemasaran sehingga dapat mempelajari kebutuhan tiap segmen
- Para penjual dapat menggunakan pengetahuannya untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggarannya dengan lebih tepat terhadap berbagai segmen.
- Penjual dapat mengatur lebih baik produksnya dengan cara pemasarannya.
- MANFAAT
- Agar pembaca dapat menambah pengetahuan mengenai cara untuk menentukan segmentasi pasar dan target pasar.
- Untuk digunakan sebagai bahan pokok dalam membuat suatu usaha atau bisnis dibidang pemasaran agar sesuai dengan segmentasi pasar yang diinginkan konsumen
BAB II
PEMBAHASAN
- APA ITU SEGMENTASI PASAR?
Menurut
para ahli ekonomi segmentasi pasar adalah
- Swastha & Handoko (1997) : Segmentasi pasar adalah sebagai kegiatan membagi–bagi pasar yang bersifat heterogen kedalam satuan–satuan pasar yang bersifat homogen.
- Hermawan Kertajaya : Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana cara memandang podusen pada pasar secara kreatif. produsen perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul dipasar.
- Pride & Ferrel (1995) : segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.
- MENGAPA PRODUSEN MEMBUAT SEGMENTASI PASAR ?
Menurut
Porter (1991) : Mengapa harus membuat segmentasi pasar karena banyak perusahaan
yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelompokkan variabel tertentu.
Dengan menggolongkan atau mensegmentasikan pasar seperti itu, dapat dikatakan
bahwa secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan
meningkatkan tingkat penjualan mereka dan yang lebih penting lagi agar operasi
perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif.
Segmentasi
telah menjadi bagian utama dan paling vital dari strategi marketing, agar
manajer pemasaran bisa membuat keputusan berkenaan dengan pasar yang
diinginkan. Segmentasi atau membagi pasar menjadi beberapa segmen adalah dasar
atau fondasi dari kinerja bisnis yang superior. Penting sekali untuk mengerti
apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen supaya produsen mampu merancang
strategi pemasaran yang efektif. Setiap perusahaan kini dituntut untuk dapat
semakin mengerti kebutuhan konsumen dan menciptakan produk yang dapat memuaskan
kebutuhan mereka karena kebutuhan menjadi semakin berbeda/unik dan juga karena
faktor teknologi yang semakin maju.
- APA MANFAAT DAN TUJUAN DARI SEGMENTASI PASAR UNTUK PERUSAHAAN ?
Dengan
mensegmentaskan pasar, dapat dikatakan bahwa secara umum peusahan mempunyai
motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan yang lebih penting
lagi agar operasi perubahan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan
kompetitif .
Menggunakan
segmentasi pasar ialah untuk membantu perusahan untuk lebih memahami kebutuhan
basis dalam pelanggan tertentu. Bila menggunakan segmentasi pasar , ada
beberapa faktor yang akan dipertimbangkan. Faktor tersebut adalah variable
segmentasi. Variabel segmentasi perlu berhubungan dengan kebutuhan, pengunaan,
atau jasa. Memilih
variable
segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen
tertentu .
Empat
dasar umum untuk mengsegmentaskan pasar
- Segmentasi
Geografik
Segmentasi geografik adalah membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti negara, regional, propinsi, kota, wilayah kecamatan, wilayah kelurahan dan kompleks perumahan. Sebuah perusahaan mungkin memutuskan untuk beroperasi dalam satu atau beberapa wilayah geografik ini atau beroperasi di semua wilayah tetapi tidak memperhatikan kebutuhan dan keinginan psikologis konsumen. Banyak perusahaan dewasa ini merigionalkan program pemasaran produknya, dengan melokalkan produk, iklan, promosi dan usaha penjualan agar sesuai dengan kebutuhan masingmasing regional, kota, bahkan kompleks perumahan. - Segmentasi Demografi
Segmentasi pasar demografik adalah membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti jenis kelamin, umur, status perkawinan, jumlah keluarga, umur anak, pendapatan, jabatan, lokasi geografi, mobilitas, kepemilikan rumah, pendidikan, agama, ras atau kebangsaan. Faktor-faktor demografik ini merupakan dasar paling populer untuk membuat segmen kelompok konsumen. Alasannya utamanya, yakni kebutuhan konsumen, keinginan, dan mudah diukur. Bahkan, kalau segmen pasar mula-mula ditentukan menggunakan dasar lain, maka karakteristik demografik pasti diketahui agar mengetahui besar pasar sasaran dan untuk menjangkau secara efisien. - Segmentasi Psikografik
Segmentasi psikografik adalah membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup atau kepribadian. Dalam kelompok domografik, orang yang berbeda dapat mempunyai ciri psikografik yang berbeda. - SegmentasiTingkahLaku
Segmentasi tingkah laku adalah mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk. Banyak pemasar meyakini bahwa variabel tingkah laku merupakan awal paling baik untuk membentuk segmen pasar.
- KRITERIA PRODUSEN DALAM MEMBIDIK SEGMEN PASAR
- Terukur
Segmen
pasar harus dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi pasar, daya beli
konsumen serta ukuran alokasi sumberdaya.
- Banyak
Segmen
tersebut harus menghasilkan profit yang besar untuk dilayani
- Dapat diakses
Segmen
tersebut harus mudah dijangkau para konsumen untuk menghasilkan kepuasan
konsumen dan mempengaruhi profit dari produsen tersebut.
- Dapat Dibedakan
Segmen
tersebut dapat dibedakan dengan jelas, maksudnya adalah setiap produk yang
dihasilkan harus dapat dibedakan dengan produk lain atau produk kompetitif lain
untuk memberi ciri khas pada produk tersebut
- Dapat dilayani
Segmen
tersebut dapat dijangkau dengan sumber daya yang dimiliki produsen tersebut,
dengan berbasis pada efisiensi produsen tersebut untuk menghasilkan profit yang
sebesar-besarnya dari modal yang sekecil-kecilnya.
- STUDI KASUS
SEGMENTASI
PASAR PRODUK TEH BOTOL SOSRO
PROFIL
SINGKAT
Top Brand
Index 2013
PT. Sinar
Sosro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agro industri
yang memproduksi berbagai macam produk dengan menggunakan pucuk daun teh
sebagai salah satu bahan baku utamanya, dimana salah satu produknya adalah Teh
Botol Sosro. Teh Botol Sosro merupakan produk teh siap minum pertama di
Indonesia yang di kemas dalam botol dan telah dikenal oleh masyarakat luas.
Persaingan
yang begitu ketat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang beredar di
pasaran. Berdasarkan data pada PT. Sinar Sosro terdapat tujuh merek teh dalam
kemasan botol yang beredar di Indonesia, yaitu Teh Botol Sosro, Fruit Tea, TEBS,
S-tee, Frestea, Tekita.
PT. Sinar
Sosro pada saat ini dihadapkan pada berbagai saingan produk minuman ringan yang
tidak hanya dari pesaing lokal, namun juga pesaing asing. Persaingan berbagai
merek teh dalam kemasan botol membuat perusahaan lebih berhati – hati dalam
merancang strategi pemasarannya.
Perusahaan
akan berhasil memperoleh pelanggan dalam jumlah yang banyak apabila dinilai
memiliki citra baik dalam benak konsumen. Terciptanya citra baik dalam benak
konsumen akan menumbuhkan kepuasan pelanggan yang dapat memberikan beberapa
manfaat.
Keberhasilan
Sosro tidak lepas dari brand “teh botol” yang didapatkannya, persis seperti
aqua menjadi brand pada air putih. Berikutnya Sosro semakin kuat karena
jaringan distribusi Teh Botol yang sangat kuat sampai di titik akhir pelosok.
Persis seperti Aqua dengan air putihnya, pemain lain terlambat masuk di segmen
teh dalam botol, karena menganggap lalu ide air teh masuk dalam botol.
Yang
masih kurang dari Teh Botol adalah upaya – upaya mempertahankan image secara
above the line. Upaya iklan di media massa, event, maupun promosi yang akan
terus membuat teh botol tertancap di kepala konsumen masih jarang dilakukan.
Terkesan Teh Botol merasa sudah besar dan yakin dengan penetrasi produk yang
telah dilakukannya sehingga tidak perlu lagi melakukan promosi above the line
secara intensif.
SEGMENTASI
Segmentation adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen
sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat
tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi
produk.
Teh Botol
Sosro memiliki berbagai macam kemasan mulai dari kemasan botol kaca sampai
kemasan botol plastik yang bervariasi ukurannya. Jadi kita bisa memilih ukuran
apa saja yang sesuai dengan kebutuhan, suasana dan tentunya budget kita.
Ø Demografis
Usia 15
sampai 35 tahun
Perempuan
dan Laki-laki sama-sama bisa mengonsumsi produk ini.
Mulai
dari Rp 3000,- saja sudah bisa mengonsumsi produk ini karena harga Teh Botol
Sosro sangat terjangkau.
Ø Geografis
Baik yang
berada di perkotaan maupun di pedesaan.
Ø Psikografis
Pelajar,
Mahasiswa, Karyawan, PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya
bisa mengonsumsi produk ini.
Gaya
hidup: Penikmat teh yang bisa dinikmati kapanpun waktunya.
Mulai
dari masyarakat menengah kebawah sampai masyarakat menengah keatas bisa
mengonsumsi minuman ini.
Ada
beberapa strategi pemasaran yang tepat dijalankan untuk produk Teh Botol Sosro
di tengah-tengah kompetitor yang mulai bermunculan :
- Iklan di media cetak maupun televisi dengan jalan endors terhadap tokoh terkemuka yang kompeten terhadap produk minuman ini
- Menekankan positioning bahwa Teh Botol Sosro bukan semata-mata minuman untuk tertentu, tapi minuman yang bisa dipakai kapan saja dan dalam kondisi apa saja.
- Penambahan varian kemasan bukan pada rasa ataupun ingredient, dengan jalan meluncurkan kemasan botol plastik isi 200 ml yang berharga hanya Rp. 2.500,-. Dengan demikian, hal ini dapat memperluas Teh Botol Sosro ke segmen-segmen konsumen yang lebih rendah
TARGET
MARKET
Setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik
targetmarket yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal
ini tentu sajaserangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan
karakteristik pasar sasaran yang hendak kita tuju.
Target
pasar yang dituju oleh Teh Botol Sosro terbagi dalam dua segmen inti yaitu:
•
Kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis.
Keluarga,
khususnya membidik keluarga dari pasangan muda yang cenderung ingin menikmati
minum teh bersama-sama diruang keluarga. Ini terlihat dari kemasan produk
family ukuran 1L. Dalam komunikasi pemasarannya, pasar dididik untuk menyadari
bahwa dalam aktivitas sehari-hari minum teh dapat meningkatkan mood.
POSITIONING
Teh untuk
siapa saja.
Apabila
target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi
produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa
saja keunggulannya.
Sosro
melakukan positioning dengan mengedukasi masyarakat agar tidak merasa aneh
untuk meminum teh dalam kemasan botol dan dengan diasajikan dingin. Karena pada
awal kemunculan produk, masyarakat Indonesia masih terbiasa untuk minum teh
yang disajikan panas. Ternyata proses diferensiasi yang dilakukan Sosro
membuahkan hasil baik, sehingga Sosro dikenal sebagai minuman teh dalam kemasan
botol yang dapat memberikan kesegaran. Dalam perkembangannya, untuk bersaing
dengan competitor Sosro mulai melakukan kampanye bahwa dengan mengkonsumsi teh
akan membuat tubuh menjadi sehat, karena teh mengandung anti oksidan. Hal
ini menambah keunggulan kompetitif dari Sosro.
Pengukuran
terhadap kekuatan merek atau Top Brand Index (TBI) tersebut berdasarkan hasil
survei dari Frontier Consulting Group. Pengukuran ini menggunakan tiga
parameter, yaitu mind share, market share, dan commitment share. Mind share
mengindikasikan kekuatan merek di dalam benak konsumen kategori produk
bersangkutan. Market share menunjukkan kekuatan merek di dalam pasar tertentu
dalam hal perilaku pembelian aktual dari konsumen. Commitment share menjelaskan
kekuatan merek dalam mendorong konsumen untuk membeli merek terkait di masa
mendatang.
VALUE
MARKETING
3.1
Brand
“Apapun
makannya, minumnya teh botol sosro” di munculkan. Slogan ini tidak saja
mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan. Teh
dalam kemasan botol yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Karena
Teh Botol minuman untuk semua orang.
3.2
Proses
Dalam era
globalisasi ini, pembangunan ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh
perkembangan ekonomi Negara lain. Kerjasama Negara – Negara baik bilateral
maupun multilateral semakin marak dan terus berkembang dari segala bidang. PT.
Sinar Sosro adalah perusahaan yang mempromosikan minuman ringan dengan ciri
khas teh asli. PT. Sinar Sosro mengembangkan produk minuman teh rasa asli yaitu
Teh Botol Sosro. Karena produk teh ini merupakan salah satu produk yang
menawarkan kualitas produknya dalam menarik minat beli konsumen, karena sebagai
minuman teh tanpa bahan pengawet.
KESIMPULAN
Segmentasi
pasar adalah pembagian kelompok pasar yang berbeda, pembagian pasar yang semula
adalah merupakan kelompok konsumen yang heterogen menjadi kelompok konsumen
yang homogen.
- Membuat pangsa pasar baru yaitu minuman teh dalam kemasan siap minum di Indonesia adalah sebuah tantangan yang besar,respon masyarakat terhadap minuman teh sangatlah kritis.
- Setelah kesuksesan produk Teh Botol kini PT. Sinar Sosro kembali merambah pasar baru yaitu produk teh berkemasan kotak.
- Strategi pemasaran pada hakikatnya merupakan serangkaian upaya yang ditempuh dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Untuk kepentingan kita dalam merancang strategi pemasaran, kita akan berpijak pada pengertian strategi pemasaran yang disampaikan oleh William Zikmund dan Michael D’Amico.
- Dengan strategi pemasaran yang baik,serta melakukan pengembangan secara terus menerus sesuai dengan kebutuhan pasar adalah langkah yang tepat dalam mempertahankan suatu produk di pasaran agar tetap dipakai konsumen
No comments:
Post a Comment